Dear Online Shopper, kamu suka belanja lewat marketplace semacam Tokopedia nggak ? Kendala apa yang pernah kamu hadapi ? Aku cuma mau sekedar share ketika order drybox disalah satu online shop ditokopedia namun baru kali ini paketannya nyasar-nyasar sampai Pinang Bengkulu.
Drybox Kamera |
Jadi begini ceritanya....
Beberapa waktu lalu pada hari Senin , tanggal 22 Juli 2019 pukul 07:51 WIB saya melakukan checkout order pembelian Drybox kamera berukuran 26 cm x 17 cm x 16 cm. Kebetulan ekspedisi sicefat sedang mengadakan promo free ongkir 5ribu rupiah jadi ongkos kirim saya hanya sekitar 78rb sudah termasuk harga barang.
Pengen aja nyoba ekspedisi baru karena saya selama ini pemakai setia ekspedisi seperti POS, WAHANA, JNE, J&T dan Cargo. Checkout selesai dan pesanan diterima oleh seller serta proses pengiriman barang.
Seperti biasa buyer yang suka memantau dimana posisi barang, sudah 4 hari kok nggak ada perkembangan malah status CANCL SHIPMENT. Padahal paketan dari Jakarta Barat ke Tangerang biasanya 2 hari sampai. Ada apa gerangan kok malah CANCEL SHIPMENT :(
Pertama yang bisa kita lakukan adalah mencoba menanyakan ke CS dulu melalui fitur Chat Inbox pada Fans Page Resmi Tokopedia . Sampaikan apa yang menjadi keluhanmu, kemudian beberapa waktu kemudian CS akan membalas chatmu, jadi kurang lebihnya seperti ini :
Konfirmasi Admin Pusat Resolusi Tokopedia |
Kedua kamu bisa mencoba menghubungi seller agar sama2 mencari informasi ke pihak ekspedisi., sambil menunggu jawaban selanjutnya dari CS. Saya pun mencoba menggunakan fasilitas Komplain, oleh karena status paketan belum sampai saya pun harus menunggu 2x24jam agar bisa ngeklik tombol KOMPLAIN. Pada akhirnya saya berhasil menggunakan fitur KOMPLAIN pada tanggal 27 Juli 2019 pukul 12:33 WIB
System Tracker Tokopedia |
Singkat cerita paketan saya nyasar sampai Pinang Bengkulu, padahal saya mencantumkan alamat tujuan ke Pinang Tangerang Selatan.
Setelah kami telusuri melalui percakapan di Pusat Resolusi ternyata murni kesalahan input dari pihak ekspedisi itu sendiri. Oke fix saya sabar menunggu, kasian sellernya kalau dikejar-kejar progress, karena bukan murni kesalahan seller yang salah mencantumkan alamat.
Perkembangan selanjutnya saya mendapatkan informasi bahwa posisi paketan sudah sampai Tanah Sereal Bogor. Saya sampaikan ke Pusat Resolusi bahwa paketan saya minta kembali ke alamat seller. Karena apa ? Karena sudah berhari-hari mendekati seminggu paketan kebawa kesana kemari hingga nyasar ke Pinang bengkulu, saya khawatir kalau barang orderan saya sudah dalam kondisi tidak baik.
Pusat Resolusi Tokopedia |
Setelah sampai ke tangan seller, kemudian seller mengirimkan kembali ke alamat saya. Namun ternyata seller menggunakan ekpedisi J&T sistem DFOD dimana aOngkos kirim dibayar oleh Penerima ditempat. Komplain kedua kembali terjadi karena Seller nggak mau rugi, dengan keputusan sepihak seller mengirimkan menggunakan sistem DFOD tersebut dan tanpa kesepakatan dari saya. Bahkan ketika saya buka paketan pun ternyata ada sedikit lecet pada tutup boxnya.
Awalnya saya pikir seller mengirimkan kembali menggunakan jasa ekpedisi J&T agar cepat sampai sebagai rasa tidak enak kepada saya karena barang yang nyasar itu seharusnya 2 hari sampai seminggu belum sampai dan ongkosnya free, karena apa? karena kerugian yang dia alami bisa diklaimkan ke pihak ekspedisi pertama. Okelah daripada bertele-tele membuang-buang waktu serta menguras emosi toh lecetnya cuma dikit dan tidak mempengaruhi fungsi drybox itu sendiri secara normal. Saya minta ongkos 10ribu yang dibebankan kepada buyer minta direfund. Karena yang nalangi adalah OB kantor.
Sebagai buyer saya nggak mau tau uang yang saya keluarkan adalah harga barang + ongkos kirim awal. Awalnya sempat sabar menunggu perkembangan status barang, tetapi tidak juga mendapat jawaban dari seller jika saya tidak tanyakan, malah kesannya yang sibuk mencari informasi keberadaan barang adalah pihak tokopedia dan saya sebagai Buyer.
Komplai di Pusat Resolusi Tokopedia Selesai |
Hingga pada akhirnya komplain dinyatakan selesai dan ditutup oleh pihak Tokopedia dengan pengembalian/refund saldo sebesar sepuluh ribu rupiah sebagai pengembalian dari ongkos kirim J&T dengan sistem DFOD tadi.
Kemudahan berjual beli dan minim merasa dirugikan inilah yang menjadi alasan kenapa saya memilih berjual beli menggunakan marketplace seperti Tokopedia untuk belanja barang yang sekiranya susah didapatkan di daerah sendiri, terutama accesories kamera.
Jika kamu pernah mengalami kendala berbelanja di marketplace Tokopedia, jangan sungkan sampaikan kendalamu melalui fitur chat inbox FP maupun pusat bantuan atau pusat resolusi ya dear :)
Kemudahan berjual beli dan minim merasa dirugikan inilah yang menjadi alasan kenapa saya memilih berjual beli menggunakan marketplace seperti Tokopedia untuk belanja barang yang sekiranya susah didapatkan di daerah sendiri, terutama accesories kamera.
Jika kamu pernah mengalami kendala berbelanja di marketplace Tokopedia, jangan sungkan sampaikan kendalamu melalui fitur chat inbox FP maupun pusat bantuan atau pusat resolusi ya dear :)
Komentar
Posting Komentar