Langsung ke konten utama

TIPS : YANG HARUS KAMU LAKUKAN, JIKA PAKETAN NYASAR MENGGUNAKAN EKSPEDISI PENGIRIMAN

Dear Online Shopper, kamu suka belanja lewat marketplace semacam Tokopedia nggak ? Kendala apa yang pernah kamu hadapi ? Aku cuma mau sekedar share ketika order drybox disalah satu online shop ditokopedia namun baru kali ini paketannya nyasar-nyasar sampai Pinang Bengkulu.

Drybox Kamera

Jadi begini ceritanya....

Beberapa waktu lalu pada hari Senin , tanggal 22 Juli 2019 pukul 07:51 WIB saya melakukan checkout order pembelian Drybox kamera berukuran 26 cm x 17 cm x 16 cm. Kebetulan ekspedisi sicefat sedang mengadakan promo free ongkir 5ribu rupiah jadi ongkos kirim saya hanya sekitar 78rb sudah termasuk harga barang.

Pengen aja nyoba ekspedisi baru karena saya selama ini pemakai setia ekspedisi seperti POS, WAHANA, JNE, J&T dan Cargo. Checkout selesai dan pesanan diterima oleh seller serta proses pengiriman barang. 

Seperti biasa buyer yang suka memantau dimana posisi barang, sudah 4 hari kok nggak ada perkembangan malah status CANCL SHIPMENT. Padahal paketan dari Jakarta Barat ke Tangerang biasanya 2 hari sampai. Ada apa gerangan kok malah CANCEL SHIPMENT :(

Pertama yang bisa kita lakukan adalah mencoba menanyakan ke CS dulu melalui fitur Chat Inbox pada Fans Page Resmi Tokopedia . Sampaikan apa yang menjadi keluhanmu, kemudian beberapa waktu kemudian CS akan membalas chatmu, jadi kurang lebihnya seperti ini :

Konfirmasi Admin Pusat Resolusi Tokopedia



Kedua kamu bisa  mencoba menghubungi seller agar sama2 mencari informasi ke pihak ekspedisi., sambil menunggu jawaban selanjutnya dari CS. Saya pun mencoba menggunakan fasilitas Komplain, oleh karena status paketan belum sampai saya pun harus menunggu 2x24jam agar  bisa ngeklik tombol KOMPLAIN. Pada akhirnya saya berhasil menggunakan fitur KOMPLAIN pada tanggal 27 Juli 2019 pukul 12:33 WIB 


System Tracker Tokopedia



Singkat cerita paketan saya nyasar sampai Pinang Bengkulu, padahal saya mencantumkan alamat tujuan ke Pinang Tangerang Selatan.

Setelah kami telusuri melalui percakapan di Pusat Resolusi ternyata murni kesalahan input dari pihak ekspedisi itu sendiri. Oke fix saya sabar menunggu, kasian sellernya kalau dikejar-kejar progress, karena bukan murni kesalahan seller yang salah mencantumkan alamat.

Perkembangan selanjutnya saya mendapatkan informasi bahwa posisi paketan sudah sampai Tanah Sereal Bogor. Saya sampaikan ke Pusat Resolusi bahwa paketan saya minta kembali ke alamat seller. Karena apa ? Karena sudah berhari-hari mendekati seminggu paketan kebawa kesana kemari hingga nyasar ke Pinang bengkulu, saya khawatir kalau barang orderan saya sudah dalam kondisi tidak baik.

Pusat Resolusi Tokopedia

Setelah sampai ke tangan seller, kemudian seller mengirimkan kembali ke alamat saya. Namun ternyata seller menggunakan ekpedisi J&T sistem DFOD dimana aOngkos kirim dibayar oleh Penerima ditempat. Komplain kedua kembali terjadi karena Seller nggak mau rugi, dengan keputusan sepihak seller mengirimkan menggunakan sistem DFOD tersebut dan tanpa kesepakatan dari saya. Bahkan ketika saya buka paketan pun ternyata ada sedikit lecet pada tutup boxnya.

Awalnya saya pikir seller mengirimkan kembali menggunakan jasa ekpedisi J&T agar cepat sampai sebagai rasa tidak enak kepada saya karena barang yang nyasar itu seharusnya 2 hari sampai seminggu belum sampai dan ongkosnya free, karena apa? karena kerugian yang dia alami bisa diklaimkan ke pihak ekspedisi pertama. Okelah daripada bertele-tele membuang-buang waktu serta menguras emosi toh lecetnya cuma dikit dan tidak mempengaruhi fungsi drybox itu sendiri secara normal. Saya minta ongkos 10ribu yang dibebankan kepada buyer minta direfund. Karena yang nalangi adalah OB kantor.

Sebagai buyer saya nggak mau tau uang yang saya keluarkan adalah harga barang + ongkos kirim awal. Awalnya sempat sabar menunggu perkembangan status barang, tetapi tidak juga mendapat jawaban dari seller jika saya tidak tanyakan, malah kesannya yang sibuk mencari informasi keberadaan barang adalah pihak tokopedia dan saya sebagai Buyer.

Komplai di Pusat Resolusi Tokopedia Selesai

Hingga pada akhirnya komplain dinyatakan selesai dan ditutup oleh pihak Tokopedia dengan pengembalian/refund saldo sebesar sepuluh ribu rupiah sebagai pengembalian dari ongkos kirim J&T dengan sistem DFOD tadi.

Kemudahan berjual beli dan minim merasa dirugikan inilah yang menjadi alasan kenapa saya memilih berjual beli menggunakan marketplace seperti Tokopedia untuk belanja barang yang sekiranya susah didapatkan di daerah sendiri, terutama accesories kamera.

Jika kamu pernah mengalami kendala berbelanja di marketplace Tokopedia, jangan sungkan sampaikan kendalamu melalui fitur chat inbox FP maupun pusat bantuan atau pusat resolusi ya dear :)

Komentar

POSTINGAN POPULER

APAKAH YANG DIMAKSUD ELIGIBLE FOR DATA LICENSING PADA SHUTTERSTOCK ?

Eligible Data Licensing Shutterstock adalah platform kreatif yang memberdayakan setiap kreator dengan mudah mewujudkan setiap ide melalui konten, alat, dan layanan kelas dunia. Awalnya Shutterstock hanya merupakan marketplace foto stok, namun sekarang menjadi platform kreatif end-to-end dengan konten Editorial dan Komersial yang meliputi foto, 3D, musik, dan video/footage dengan alat produksi dan kecerdasan buatan (AI). Data Licensing Konsep lisensi data mulai muncul dengan alasan konten kreatif memiliki nilai yang luar biasa, baik secara visual maupun desainnya. Lisensi data merupakan kesempatan yang menarik untuk memaksimalkan potensi aset kreatif yang menghasilkan pendapatan. Jadi karyamu tidak hanya nangkring di hardisk atau gallery saja ya gaes. Bisa kalian maksimalkan menjadi cuan. Shutterstock mengumumkan peluncuran Shutterstock.AI dan produk visual lainnya yang disebut sebagai Dataset pada Juli 2021, bulan Oktober 2022 kemitraan konten buatan AI dengan OpenAI, dan bulan Nove

MY ADVENTURE : MAGELANG PUNYA TOL KAHYANGAN

  Tol Kahyangan Magelang Disaat pandemi yang mengharuskan orang untuk saving money, ada baiknya kita berwisata ke tempat yang hemat ya gaes. Weekend kemarin aku keturutan berwisata ke sebuah jalan yang dicor semen ini, yang disebut-sebut sebagai Tol Kahyangannya Magelang. Tol Kahyangan ini berlokasi di  Surodadi, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Berawal menjadi jalur favorit para pesepeda, hingga akhirnya menjadi viral banyak yang berliburan ketempat ini. Kenapa bisa aku bilang wisata murah? karena untuk menikmati tempat ini kalian hanya ditarik tarif retribusi parkir aja yaitu untuk motor Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk mobil. Harga jajanan disepanjang pinggir jalan pun kategori murah, seperti misal jagung bakar Rp 5.000, Pop Mie Rp.7000,- dan jajanan makanan ringan yang lain mulai harga seribuan. Kalian pengen menikmati pemandangan sambil anget-anget ya ada mie rebus, mendoan dan kopi panas. Menikmati Pemandangan Tol Kahyangan Magelang Tempat ini adalah areal persawahan yan

MY ADVENTURE : KAMPUNG LAUT, SISI LAIN DAERAH PULAU JAWA YANG TERLETAK DIKABUPATEN CILACAP

Jika kamu mengunjungi Cilacap, spot yang wajib kamu kunjungi tidak hanya wisata bersejarah benteng pendem atau main air laut di Pantai Teluk Penyu ya Gaes. Ada tempat menarik lainnya yaitu salah satu Pulau yang dihuni oleh warga menjadi satu kampung, yang diberi nama Kampung Laut. Pelabuhan Sleko Cilacap Saya berangkat mengendarai motor, sampai dipelabuhan dititipkan di parkiran khusus motor dengan tarif Rp 5000,- saja dari pagi pukul 08.00 hingga sore harinya pukul 15.30 WIB. Jangan khawatir ya, motor kalian aman dari panas, hujan dan tindakan pencurian. Tarif perahu relatif murah hanya Rp 10.000,- saja kalian sudah diantar sampai tujuan.  Hutan Bakau Cilacap Kami ikut perahu yang ada atapnya ya gaes, kemudian kanan kiri ada penyeimbang bannya. Wow sungguh pengalaman yang seru, naik kapal menyusuri perairan Cilacap, berasa kiri dan kanan diapit hutan dan pulau. Sebelah kanan kapal yang saya tumpangi adalah hutan bakau gaes, kemudian sebelah kiri ada Tahanan Nusakambangan. Perlu kalian

TIPS : CARA MELAKUKAN PEMBAYARAN BRIVA, INTERNET BANKING KOK NGGAK BISA ?

Pengguna BRI yang sudah terbiasa melakukan pembayaran BRIVA dan merasa terbantu sekali melalui internet banking . Selain hemat tenaga dan biaya, daripada melakukan pembayaran melalui ATM, tentunya bisa dilakukan sambil rebahan ya kak. Namun ada yang lain dengan hari ini, saya keheranan bolak balik scroll menu naik turun, tetapi tetap tidak mendapati fitur pembayaran BRIVA pada menu pembayaran. Ada kendala apakah ini ? Supaya mendapatkan respon pelayanan yang cepat, saya memanfaatkan Direct Message pada twitter, dan tidak berapa lama kemudian mendapatkan respon dari Customer Care BRI  . Kami dapati jawaban Customer Service bahwa, pembayaran BRIVA saat ini bisa terlayani menggunakan aplikasi BRImo yang bisa diunduh melalui aplikasi Playstore untuk kemudahan dan kenyamanan bertransaksi. Selain melalui aplikasi BRImo, pembayaran BRIVA dapat dilakukan melalui ATM maupun Agent BRIlink. Pembayaran tersebut bisa kalian lakukan ketika mager rebahan atau duduk manja tidak sedang melanda. Selam