Ada berbagai macam karakter manusia didunia nyata yang kebawa hingga dunia maya ya gais. Dalam ranah jual beli online pun kita nggak bisa luput dari macam-macam karakter manusia tersebut. Mulai dari karakter yang menbuat kita merasa ingin mengucapkan banyak terima kasih hingga karakter yang membuat kita ingin segera selesai urusan dengan orang tersebut.
Pusat Resolusi Tokopedia |
Semakin lama marketplace bernama tokopedia semakin memperbaiki sistemnya, baik sistem aplikasinya maupun rule jual beli hingga ke pusat resolusi.
Beruntunglah kita jika sering mendapatkan smart buyer yang :
Pantau Price and Pic >> Membaca Deskripsi >> Konfirmasi ketersediaan >> Cocok ATC
Nggak semua barang yang dijual sifatnya terbatas dalam artian diproduksi dalam jenis/motif tertentu dan jumlah tertentu kalau habis ya udah habis nggak ada restock an lagi, alias diproduksi lagi kemudian ready lagi jenis/model/motif yang sama. Jenisnya barang yang seperti ini enak kita postingnya, yang jelas tinggal ketikin aja jumlah stok tersedia berapa, kemudian submit. Buyer nggak perlu nanya ketersediaan barang, tinggal ATC aja. Seller juga tinggal mantau jumlah tinggal berapa. Ada pesanan baru masuk tinggal diterima.
Beda cerita kalau barang yang dijual motif dan ukurannya bisa dimungkinkan produksi kembali namun dalam jangka waktu yang nggak dapat kita pastikan, karena yang tau adalah si produsen itu sendiri. Tentunya sebagai seller nggak mungkin dong nge set kosong satu per satu kemudian jika ready lagi di set tersedia lagi. Postingannya nggak hanya puluhan namun sudah mencapai ratusan.
Sebagai seller tentunya memiliki kebijakan/rule masing-masing dalam kegiatan jual belinya. Aturan itu tertuang pada note atau catatan toko serta bisa juga dicantumkan pada deskripsi.
Namun apa yang terjadi jika buyer order tanpa membaca dan memahami isi note dan deksripsi ? Ya kita bakal tetap menjalankan SOP yang sudah kita buat.
Sungguh konyol jika buyer melakukan komplain karena kesalahan yang dibuatnya sendiri. Bahkan keluar kata-kata sumpah serapah dan makian kepada seller. Lebih konyolnya lagi mengajukan komplain sendiri tetapi tidak melampirkan bukti barang, malah justru melampirkan status whatsapp.
Jika kamu juga mengalami hal yang serupa, berikut ini poin-poin yang harus kamu lakukan :
- Pusat ResolusiKasus yang pernah saya alami selain si buyer tidak mematuhi rule juga mengajukan komplain yang terkesan mengada-ada. Paket baru dikirim kemari, baru 2 hari jalan sudah koar-koar di pusat resolusi. Si Buyer mengajukan investigasi pengiriman, oke sampai sini kami masih bisa sabar apa mau dia. Kita tunggu sampai status barang delivered ke alamat kantor tempat dimana buyer bekerja.
- Chat Inbox FP TokopediaJika kendala sudah masuk pusat resolusi biasanya CS akan tetap mengarahkan kita untuk tetap fokus pada perkembangan yang dilakukan CS Resolusi. Namun apa yang terjadi jika masi h menemui kendala ternyata waktu yang ditentukan oleh pihak CS toped tidak sesuai dengan apa yang dicantumkan sehingga waktu terus molor dan terus mundur ? Jangan menyerah
- Chat Inbox Twitter Tokopedia
Sampaikan nomor transaksimu, kemudian sampaikan kendala yang kamu alami. Tunggu hingga admin twitter merespon.
Dari ketiga cara tersebut menurut aku solutif semua. Namun kekurangannya adalah jika kamu ketemu admin CS bot, dan harus beberapa kamu ulangi maksud yang kamu sampaikan.
Komentar
Posting Komentar