Langsung ke konten utama

REVIEW : SEPAK TERJANG DUNIA ONLINE SHOP

ekspedisi free ongkir

Gimana kabarnya online seller ? Semoga laris, lancar dan berkah selalu ya jualannya. Aku merasa terusik pengen ngocehin tentang fenomena bisnis via online yang lumayan lama aku geluti sejak tahun 2009-an. Sebelum muncul marketplace yang bernama Tokopedia, Shopee, Lazada, Bli Bli, Bukalapak, hingga 2023-an ini ada sebuah marketplace yang lumayan menggeser posisi para pendahulunya, yaitu Tiktokshop.

Oya sebelum bahas ke topik inti, aku pengen cerita dulu aku pernah juga posting jualan diplatform FJB KASKUS. Dulu dimulai tahun 2009 senjataku cuma dua, yaitu FJB kaskus dan posting di album FB dan Fanspage. Punya barang yang sekiranya banyak dipakai oleh kalangan anak muda terutama mahasiswa, difoto sendiri pakai compact kamera Sony Cybershootku, edit  pencahayaan lalu posting. Pada caption dikasih deskripsi spesifikasi barang, harga dan kontak person. Siapapun yang melihat postingan dan berminat tinggal sms atau meninggalkan pesan dikolom komen, bisa juga melakukan order melalui messanger. Kemudian untuk direct sellingnya, aku ikut kegiatan kampus yaitu Entrepreneur Day. 

Bener-bener jaman dimana orang yang ngerti jual beli online saja yang berani melakukannya. Karena untuk urusan pembayaran memang harus saling percaya. Jaman dimana orang masih khawatir dan takut ketipu kalau buyer melakukan pembayaran transfer palsu, atau buyer sudah transfer beneran namun seller yang tidak melakukan pengiriman sesuai pesanan.

Masa itu menjadi masa yang lumayan empuk untuk para seller sekelas reseller dan dropshipper mencari cuan via online. Para supplier yang notabene mereka rata-rata pemain direct selling didunia nyata belum ikut-ikutan berjualan secara online baik melalui marketplace, landing page maupun secara live. Para reseller dan dropshipper pun masih mendapatkan profit yang lumayan menentukan harga untuk end buyer.

Dunia bisnis online menunjukkan perubahan yang begitu signifikan, terutama memasuki masa pandemi covid-19 hingga perjalanannya setelahnya. Masa itu didukung rata-rata masyarakat menengah keatas hampir dipastikan memiliki smartphone android sebagai kebutuhan komunikasi dan informasi sehari-harinya. Masyarakat dengan taraf ekonomi bawah pun secara langsung dituntut untuk memiliki smartphone, terutama sektor dunia pendidikan. Banyak masyarakat yang berusaha mempertahankan dapur ngebul rumah tangga masing-masing dengan memaksimalkan smartphone yang dimiliki.

Covid-19 menjadi tonggak sejarah banyak aktivitas atau interaksi yang bergeser dari aktivitas tatap muka ke dunia daring atau online. Diperkuat dengan banyak platform yang digunakan oleh masyarakat umum untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, hingga aktivitas berbelanja. Berkorelasi juga dengan jumlah pemain online shop yang meningkat serta persaingan model bisnis serta kemudahan yang ditawarkan antar marketplace pun bersaing secara ketat. 

Banyak bermunculan brand ekspedisi baru yang ikut bermain menangkap peluang. Sehingga persaingan antar ekspedisi pun juga turut meningkat. Dari yang awalnya weekend adalah hari libur operasional, sekarang persaingannya menjadi operasional perusahaan jalan 7x24 jam. Dari yang awalnya paket diantar ke counter, sekarang persaingan rata-rata ekspedisi melayani pickup barang dirumah konsumen. Dari yang awalnya ekspedisi brand besar memiliki tarif yang dirasa per kg nya sudah paling ekonomis, sekarang muncul pemain baru dengan tarif yang lebih ekonomis lagi dan lama sampai destinasinya sama. Hingga masuk era dimana persaingan antar ekspedisi yang memberikan free ongkir jika dilakukan pembelanjaan di marketplace tertentu. Tentunya dengan persyaratan wilayah dan minimal belanja tertentu ya.

Dulu pertimbangan orang berbelanja online adalah faktor sibuk, menghemat waktu, tidak ada barang di offline store, serta karena memanfaatkan promo. Sekarang orang berbelanja online adalah karena banyak supplier sudah terjun langsung berjualan dengan harga ecernya bersaing ketat dengan para resellernya. Ditambah lagi dengan benefit free ongkir sampai alamat dengan minimal nominal belanja yang saya rasa tidak besar. Hal itu bisa jadi mereka lakukan karena kelanjutan aktivitas masa pandemi yang mau nggak mau stok harus cepat berputar dan jika dikalkulasi kurang mengejar pemasukan, jika hanya mengandalkan para reseller.

Sebelum kemunculan tiktok persaingan seller di platform marketplace pendahulunya, saya rasa masih seimbang. Dengan benefit yang ditawarkan berupa kupon gratis ongkos kirim murni dari marketplace tersebut yang dikerjasamakan dengan ekspedisi. Kemudian kupon-kupon potongan harga untuk pembelanjaan item brand tertentu maupun melakukan top up. Hingga pada akhirnya muncullah aplikasi sosial media tiktok dengan marketplace tiktokshopnya benar-benar mengalihkan dunia para online seller dan buyer. Sepaket fungsi dalam satu platform inilah yang membuat tiktok memainkan algoritmanya, sehingga peselancar dunia sosial media ditawarkan secara hardselling maupun softselling untuk mengisi peran pada marketplacenya. Baik sebagai content creator, affiliator, seller (para produsen langsung/reseller), tentunya bersambut juga para buyer berbondong-bondong ke marketplace ini.

Dengan teknik menjual secara live dan menampilkan etalase marketplace yang sudah dibangun, baik para pemilik barang tangan pertama, reseller bahkan affiliator berkesempatan cuap-cuap mereka mendapatkan pengunjung hanya dari scroll-scroll pengguna yang sedang berselancar didunia pertiktokan. Berkumpulnya para pemilik barang tangan pertama atau pemain besar ini memunculkan persaingan harga, jika item yang dijual serupa. Efek yang dirasakan para reseller maupun dropshipper ya sangat terasa sekali. Banyak pelanggan yang sudah mulai beralih pembelanjaannya ke marketplace yang dimana banyak para supplier didalamnya yang berjualan secara ecer dengan harga yang tidak jauh dari para resellernya. Alih-alih para reseller ini semakin hari semakin mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas, tetapi pelanggan yang masih bertahan dan pelanggan barunya adalah orang-orang yang nggak mau ribet melakukan pembelanjaan melakukan marketplace pendahulu. Jika ada orderan melalui marketplace pendahulu adalah tipe pengguna setia marketplace tersebut.

Marketplace tiktokshop ini semakin bersaing secara unggul dibandingkan dengan para pendahulunya. Disaat tiktok menjadi sosial media primadona dan pembelanjaan melalui tiktokshop tidak dikenakan biaya tambahan seperti biaya penanganan maupun biaya aplikasi, justru marketplace pendahulu malah menerapkannya. Dari sisi sebagai seller semakin berat saja berjualan di marketplace pendahulu karena dikenakan biaya layanan berdasarkan persentase yang berbeda-beda per kategorinya.

Ada cara lain jika kita nggak mau ikut kena imbas persaingan harga antar seller ini, yaitu memaksimalkan digital marketing dengan bermain ads dan landing page. Karena pandangan buyer hanya terfokus pada iklan yang sedang kita tawarkan, tidak melihat produk serupa milik kompetitor dalam satu halaman. Namun, tentu saja harus dipelajari dulu tools apa saja yang digunakan, copywritting yang memikat serta formula cara beriklan supaya tidak boncos alias hanya buang biaya iklan tetapi tidak mendapatkan konversi yang sesuai.

Nah, pengalaman kalian sebagai pelaku online seller maupun buyer gimana gaes ? Yuk boleh kita diskusi di kolom komen ^^

Komentar

POSTINGAN POPULER

APAKAH YANG DIMAKSUD ELIGIBLE FOR DATA LICENSING PADA SHUTTERSTOCK ?

Eligible Data Licensing Shutterstock adalah platform kreatif yang memberdayakan setiap kreator dengan mudah mewujudkan setiap ide melalui konten, alat, dan layanan kelas dunia. Awalnya Shutterstock hanya merupakan marketplace foto stok, namun sekarang menjadi platform kreatif end-to-end dengan konten Editorial dan Komersial yang meliputi foto, 3D, musik, dan video/footage dengan alat produksi dan kecerdasan buatan (AI). Data Licensing Konsep lisensi data mulai muncul dengan alasan konten kreatif memiliki nilai yang luar biasa, baik secara visual maupun desainnya. Lisensi data merupakan kesempatan yang menarik untuk memaksimalkan potensi aset kreatif yang menghasilkan pendapatan. Jadi karyamu tidak hanya nangkring di hardisk atau gallery saja ya gaes. Bisa kalian maksimalkan menjadi cuan. Shutterstock mengumumkan peluncuran Shutterstock.AI dan produk visual lainnya yang disebut sebagai Dataset pada Juli 2021, bulan Oktober 2022 kemitraan konten buatan AI dengan OpenAI, dan bulan Nove

MY ADVENTURE : MAGELANG PUNYA TOL KAHYANGAN

  Tol Kahyangan Magelang Disaat pandemi yang mengharuskan orang untuk saving money, ada baiknya kita berwisata ke tempat yang hemat ya gaes. Weekend kemarin aku keturutan berwisata ke sebuah jalan yang dicor semen ini, yang disebut-sebut sebagai Tol Kahyangannya Magelang. Tol Kahyangan ini berlokasi di  Surodadi, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Berawal menjadi jalur favorit para pesepeda, hingga akhirnya menjadi viral banyak yang berliburan ketempat ini. Kenapa bisa aku bilang wisata murah? karena untuk menikmati tempat ini kalian hanya ditarik tarif retribusi parkir aja yaitu untuk motor Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk mobil. Harga jajanan disepanjang pinggir jalan pun kategori murah, seperti misal jagung bakar Rp 5.000, Pop Mie Rp.7000,- dan jajanan makanan ringan yang lain mulai harga seribuan. Kalian pengen menikmati pemandangan sambil anget-anget ya ada mie rebus, mendoan dan kopi panas. Menikmati Pemandangan Tol Kahyangan Magelang Tempat ini adalah areal persawahan yan

MY ADVENTURE : KAMPUNG LAUT, SISI LAIN DAERAH PULAU JAWA YANG TERLETAK DIKABUPATEN CILACAP

Jika kamu mengunjungi Cilacap, spot yang wajib kamu kunjungi tidak hanya wisata bersejarah benteng pendem atau main air laut di Pantai Teluk Penyu ya Gaes. Ada tempat menarik lainnya yaitu salah satu Pulau yang dihuni oleh warga menjadi satu kampung, yang diberi nama Kampung Laut. Pelabuhan Sleko Cilacap Saya berangkat mengendarai motor, sampai dipelabuhan dititipkan di parkiran khusus motor dengan tarif Rp 5000,- saja dari pagi pukul 08.00 hingga sore harinya pukul 15.30 WIB. Jangan khawatir ya, motor kalian aman dari panas, hujan dan tindakan pencurian. Tarif perahu relatif murah hanya Rp 10.000,- saja kalian sudah diantar sampai tujuan.  Hutan Bakau Cilacap Kami ikut perahu yang ada atapnya ya gaes, kemudian kanan kiri ada penyeimbang bannya. Wow sungguh pengalaman yang seru, naik kapal menyusuri perairan Cilacap, berasa kiri dan kanan diapit hutan dan pulau. Sebelah kanan kapal yang saya tumpangi adalah hutan bakau gaes, kemudian sebelah kiri ada Tahanan Nusakambangan. Perlu kalian

TIPS : CARA MELAKUKAN PEMBAYARAN BRIVA, INTERNET BANKING KOK NGGAK BISA ?

Pengguna BRI yang sudah terbiasa melakukan pembayaran BRIVA dan merasa terbantu sekali melalui internet banking . Selain hemat tenaga dan biaya, daripada melakukan pembayaran melalui ATM, tentunya bisa dilakukan sambil rebahan ya kak. Namun ada yang lain dengan hari ini, saya keheranan bolak balik scroll menu naik turun, tetapi tetap tidak mendapati fitur pembayaran BRIVA pada menu pembayaran. Ada kendala apakah ini ? Supaya mendapatkan respon pelayanan yang cepat, saya memanfaatkan Direct Message pada twitter, dan tidak berapa lama kemudian mendapatkan respon dari Customer Care BRI  . Kami dapati jawaban Customer Service bahwa, pembayaran BRIVA saat ini bisa terlayani menggunakan aplikasi BRImo yang bisa diunduh melalui aplikasi Playstore untuk kemudahan dan kenyamanan bertransaksi. Selain melalui aplikasi BRImo, pembayaran BRIVA dapat dilakukan melalui ATM maupun Agent BRIlink. Pembayaran tersebut bisa kalian lakukan ketika mager rebahan atau duduk manja tidak sedang melanda. Selam